Rabu, 15 Januari 2014

Microsoft WExcel 2007

   MICROSOFT EXCEL                       

Pengenalan Microsoft ExcelMicrosoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang baik, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2007 yang diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office System 2007 .Microsoft Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputi perhitungan dasar,  penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data. Perangkat lunak  ini  sangat membantu untuk  menyelesaikan permasalahan  administratif mulai  yang  paling  sedernaha  sampai  yang  lebih kompleks. Permasalahan sederhana tersebut misalnya membuat rencana kebutuhan barang meliputi nama barang, jumlah barang dan perkiraan harga barang. Permasalahan ini sebenarnya dapat juga diselesaikan menggunakan Microsoft Word karena hanya sedikit memerlukan proses perhitungan, tetapi lebih mudah diselesaikan dengan Microsoft Excel. Contoh  permasalahan yang lebih kompleks adalah pembuatan laporan keuangan (general ledger) yang memerlukan banyak perhitungan, manajemen  data dengan  menampilkan grafik data pivot tabel atau penggunaan fungsi-fungsi matematis ataupun logika pada sebuah laporan. Penyelesaian permasalahan yang komplek juga dapat memanfaatkan pemograman macro yang disediakan oleh Excel agar proses penggunaan lebih mudah.v     Sejarah Singkat Microsoft ExcelPada tahun 1982, Microsoft membuat sebuah program spreadsheet yang disebut denganMultiplan, yang sangat populer dalam sistem-sistem CP/M, tapi tidak dalam sistem MS-DOSmengingat di sana sudah berdiri saingannya, yakni Lotus 1-2-3. Hal ini membuat Microsoft memulai pengembangan sebuah program spreadsheet yang baru yang disebut dengan Excel, dengan tujuan, seperti yang dikatakan oleh Doug Klunder, "do everything 1-2-3 does and do it better/melakukan apa yang dilakukan oleh 1-2-3 dan lebih baik lagi".Versi pertama Excel dirilis untuk Macintosh pada tahun 1985 dan versi Windows-nya menyusul (dinomori versi 2.0) pada November 1987. Lotus ternyata terlambat turun ke pasar program spreadsheet untuk Windows, dan pada tahun tersebut, Lotus 1-2-3 masih berbasis MS-DOS. Pada tahun 1988, Excel pun mulai menggeser 1-2-3 dalam pangsa pasar programspreadsheet dan menjadikan Microsoft sebagai salah satu perusahaan pengembang aplikasi perangkat lunak untuk komputer pribadi yang andal. Prestasi ini mengukuhkan Microsoft sebagai kompetitor yang sangat kuat bagi 1-2-3 dan bahkan mereka mengembangkannya lebih baik lagi. Microsoft, dengan menggunakan keunggulannya, rata-rata merilis versi Excel baru setiap dua tahun sekali, dan versi Excel untuk Windows terakhir adalah Microsoft Office Excel 2010 (Excel 14), sementara untuk Macintosh (Mac OS X), versi terakhirnya adalah Excel for Mac.Pada awal-awal peluncurannya, Excel menjadi sasaran tuntutan perusahaan lainnya yang bergerak dalam bidang industri finansial yang telah menjual sebuah perangkat lunak yang juga memiliki nama Excel. Akhirnya, Microsoft pun mengakhiri tuntutan tersebut dengan kekalahan dan Microsoft harus mengubah nama Excel menjadi "Microsoft Excel" dalam semua rilis pers dan dokumen Microsoft. Meskipun demikian, dalam prakteknya, hal ini diabaikan dan bahkan Microsoft membeli Excel dari perusahaan yang sebelumnya menuntut mereka, sehingga penggunaan nama Excel saja tidak akan membawa masalah lagi. Microsoft juga sering menggunakan huruf XL sebagai singkatan untuk program tersebut, yang meskipun tidak umum lagi, ikon yang digunakan oleh program tersebut masih terdiri atas dua huruf tersebut (meski diberi beberapa gaya penulisan). Selain itu, ekstensi default dari spreadsheet yang dibuat oleh Microsoft Excel hingga versi 11.0 (Excel 2003) adalah *.xls sedangkan mulai Microsoft Office Excel 2007 (versi 12.0) ekstensi default-nya adalah *.xlsx yang mendukung format HTML namun dengan isi yang sama memiliki ukuran file yang lebih kecil jika dibandingkan dengan versi-versi Excel sebelumnya.Excel menawarkan banyak keunggulan antarmuka jika dibandingkan dengan programspreadsheet yang mendahuluinya, tapi esensinya masih sama dengan VisiCalc (perangkat lunak spreadsheet yang terkenal pertama kali): Sel disusun dalam baris dan kolom, serta mengandungdata atau formula dengan berisi referensi absolut atau referensi relatif terhadap sel lainnya.Excel merupakan program spreadsheet pertama yang mengizinkan pengguna untuk mendefinisikan bagaimana tampilan dari spreadsheet yang mereka sunting: font, atribut karakter, dan tampilan setiap sel. Excel juga menawarkan penghitungan kembali terhadap sel-sel secara cerdas, di mana hanya sel yang berkaitan dengan sel tersebut saja yang akan diperbarui nilanya (di mana program-program spreadsheet lainnya akan menghitung ulang keseluruhan data atau menunggu perintah khusus dari pengguna). Selain itu, Excel juga menawarkan fitur pengolahan grafik yang sangat baik.

1. Elemen pada Microsoft Excel 2007Pada saat Anda memulai Excel 2007, akan muncul sebuah dokumen kosong. Mulai dari sini, Anda dapat menambahkan data, mengubah tampilan data, meminta Excel meringkas data, atau menemukan informasi dalam file bantuan Excel.Gambar berikut menunjukkan komponen-komponen terpenting Excel 2007, yaitu jendela workbook, ikon menu kontrol, quick access toolbar, baris tab, formula bar, size button, name box, area spreadsheet, scroll bar, tombol navigasi, nama sheet, baris status, dan zoom.
Bagian-bagian Lembar Kerja Excel 2007
a. Ikon Menu KontrolIkon menu kontrol Excel 2007 sangat berbeda dengan Excel 2003 yang hanya berisi instruksi-instruksi untuk mengubah posisi jendela. Dalam Excel 2007, isi perintah-perintah ikon menu kontrol ini akan muncul saat ikon menu kontrol tersebut diklik, sebagaimana ditampilkan dalam gambar berikut.
Tampilan kotak dialog ikon menu kontrol aplikasi Excel 2007
  1. New, yang dilambangkan dengan simbol  merupakan perintah untuk menampilkan lembar kerja kosong untuk dilakukan pengetikan dokumen baru. Untuk memulai pekerjaan pada Microsoft Excel 2007 dilakukan dengan klik pada ikon ini.
  1. Open, disimbolkan dengan lambang  merupakan perintah untuk membuka dokumen Microsoft Excel 2007 yang telah tersimpan dalam hardisk, CD/DVDRom. USB Flashdisk, Disket, atau media simpan lain.
  1. Save,merupakan perintah untuk menyimpan file lembar kerja Excel 2007 yang baru dibuat atau diedit, yang sebelumnya pernah atau belum pernah tersimpan di dalam hardisk, CD/DVDROM, USB Flashdisk, disket, atau media simpan lainnya.
  1. Save Astombol ini memiliki fungsi yang sedikit berbeda dengan perintah . Perintah sudah dilengkapi dengan fasilitas yang apabila diklik terdiri atas perintah-perintah seperti ditampilkan pada gambar berikut.
Sub tab menu Save As aplikasi Microsoft Excel 2007
Keterangan:
  • Excel Workbook, adalah perintah menyimpan dokumen dalam format file default dan Microsoft Excel 2007.
  • Excel Macro Enabled workbook, adalah perintah untuk menyimpan lembar kerja sebagai sebuah template yang dapat digunakan untuk menyimpan lembar kerja ke format lain.
  • Excel Binary Workbook, yaitu perintah untuk menyimpan lembar kerja ke beberapa format dan diyakini dapat diakses dengan mudah.
  • Excel 97-2003 Workbook, digunakan untuk menyimpan lembar kerja dalam format yang sangat cocok untuk diedit oleh Microsoft Excel 1997 hingga 2003.
  • Find add ins for other File formats, perintah ini digunakan untuk mempelajari dari help tentang add-ins untuk menyimpan format dokumen ke bentuk lain, misalnya ke format PDF atau XPS.
  • Other Format, adalah perintah untuk membuka kotak dialog Save As, sehingga kita leluasa
b. Quick Access ToolbarQuick access toolbar letaknya di pojok kanan atas tepatnya di sebelah kiri ikon menu kontrol. Setiap tombol dikenali menurut bentuk-bentuk ikon gambar yang masing-masing mewakili perintah tertentu dan berbeda perintah antara tombol satu dengan tombol lainnya.c. Baris TabLingkungan kerja Excel 2007 sangat berbeda tampilannya dengan Microsoft Excel versi sebelumnya. Perbedaan tersebut terletak pada tampilan baris judul pull down menu yang fungsinya berubah menjadi baris judul tab/baris tab. Pada setiap tab terdiri atas kumpulan toolbar-toolbar.d. Size ButtonSize button digunakan untuk mengatur tampilan lembar kerja. Dalam layar Excel 2007 terdiri dari empat tombol sebagai berikut.
  • Minimize Untuk menutup sementara Ms. Excel, jendela ditutup dan dikirim ke taskbar menjadi sebuah ikon. Untuk membuka kembali klik pada ikon di taskbar.
  • Restore Mengembalikan jendela Ms. Excel keukuran semula.
  • Maximize Mengubah ukuran jendela Ms. Excel menjadi ukuran yang lebar.
  • Close Untuk menutup jendela Ms. Excel.

e. Name BoxName box merupakan toolbar yang berisi alamat suatu cell.f. Formula BarFormula bar adalah tempat untuk menuliskan rumus (fungsi). Keterangan :
  1. Tombol Cancel digunakan untuk membatalkan pengisian sel melalui formula bar.
  1. Tombol Enter digunakan untuk memasukkan teks atau formula pada sel yang ditentukan sebelumnya.
  1. Tombol Insert Function digunakan untuk menyisipkan fungsi tertentu ke dalam sel.

g. KolomKolom merupakan baris lajur yang berisi abjad A sampai IV (256 kolom, kolom maksimal).h. BarisBaris berisi angka 1 sampai 65.536 (jumlah baris maksimal).i. Scroll BarScroll bar merupakan bar penggulung yang dibedakan menjadi dua, yaitu vertical scroll bar dan horizontal scroll bar.
  1. Vertical scroll Bar berfungsi untuk menggulung dokumen ke atas atau ke bawah.
  1. Horizontal scroll bar digunakan untuk menggulung layar ke kiri dan ke kanan.
j. Tombol Navigasi SheetTombol navigasi sheet adalah tombol yang digunakan untuk berpindah dari satu sheet ke sheet yang lain.k. Baris StatusBaris status adalah baris yang berisi keterangan yang menunjukkan lembar kerja yang saat itu digunakan/dikerjakan.l. ZoomZoom merupakan tombol untuk mengatur penampilan layar, mengecilkan dan membesarkan lembar kerja dalam layar.Selengkapnya di : http://blog.umboh.net/2012/01/menu-dan-ikon-microsoft-excel-2007.html#ixzz1nETgYEliTerima kasih, untuk tidak menghapus link sumber kami! Menu dan Ikon Microsoft Excel 2007 Bagian II | Materi TIK SMA XI Semester 2Posted by Harly Umboh on 1/09/2012 05:44:00 AM in  |2. Menu TabLembar kerja Microsoft Excel 2007 memiliki menu tab yang dapat digunakan untuk membantu pekerjaan Anda secara cepat. Tab-tab menu tersebut adalah Tab Home, Insert, Page Layout, Formula, Data, Review, dan View. Di setiap tab terdapat kumpulan toolbar-toolbar.a. ToolbarToolbar merupakan kotak yang berisi tombol-tombol untuk mempercepat proses pekerjaan yang Anda lakukan. Umumnya tombol-tombol ini dikenal dengan istilah shorcut sebagai perintah cepat/jalan pintas dari sebuah pilihan menu. Microsoft Excel 2007 memiliki tab menu berikut.1) Tab HomeTab home berisikan perintah-perintah standar (dasar). Elemen tab Home terdiri dari submenu berikut.a) ClipboardKegunaan dari submenu clipboard adalah untuk menampung/ menyimpan data sementara hasil copy atau hasil pemotongan data. Dalam submenu ini terdapat perintah-perintah dalam bentuk ikon (tombol).b) FontSubmenu Font terdiri dari kumpulan beberapa tombol seperti pada tabel berikut.c) AlignmentSubmenu Alignment terdiri dari ikon (tombol) seperti pada tabel berikut.d) NumberSubmenu number terdiri dari ikon (tombol) seperti pada tabel berikut.e) StylesSubmenu Styles terdiri dari ikon (tombol) seperti pada tabel berikut.f) CellsSubmenu Cells terdiri dari ikon (tombol) seperti yang ditunjukkan pada tabel berikut.g) EditingSubmenu Editing terdiri dari ikon (tombol) seperti yang ditunjukkan pada tabel berikut.Selengkapnya di : http://blog.umboh.net/2012/01/menu-dan-ikon-microsoft-excel-2007_09.html#ixzz1nEUHohw0Terima kasih, untuk tidak menghapus link sumber kami! Menu dan Ikon Microsoft Excel 2007 Bagian III | Materi TIK SMA XI Semester 2Posted by Harly Umboh on 1/09/2012 08:13:00 AM in  |2) Tab InsertTab ini digunakan untuk memasukkan instruksi-instruksi ke dalam lembar kerja seperti pembuatan tabel, memasukkan gambar, modelmodel grafik, membuat link, serta memasukkan simbol-simbol. Tab ini terdiri dari komponen-komponen sebagai berikut.a) TablesNama dan fungsi submenu Tables terdiri dari ikon (tombol) seperti yang ditunjukkan pada tabel berikut.b) IllustrationsNama dan fungsi submenu Illustrations terdiri dari ikon (tombol) seperti yang ditunjukkan pada tabel berikut.c) Chart, digunakan untuk membuat grafik dengan berbagai model.d) Text, digunakan untuk membuat tex box, menyisipkan header and footer, membuat huruf indah, menyisipkan objek, dan menyisipkan simbol.e) Link, Digunkan untuk menyisipkan Link pada Lembar kerja3) Tab Page LayoutTab page Layout digunakan untuk mengatur data, bagian dari tab ini adalah sebagai berikut.a) Themes, digunakan untuk mengatur pewarnaan, tata letak, dan efek huruf.b) Page Setup, digunakan untuk mengatur batas tepi kertas (margin), model dokumen (orientasi kertas), mengatur ukuran kertas (size), mengatur area pencetakan (print area), mengatur penggalan halaman (page break), memberi background dokumen, dan mencetak/memberi judul tabel.c) Scale to fit, digunakan untuk mengatur lebar, tinggi, serta skala kolom atau baris secara otomatis.d) Sheet Option, digunakan untuk menampilkan garis bantu serta heading suatu data.e) Arrange, digunakan untuk mengatur tata letak gambar serta perataan, group, dan rotasi gambar.
Tab Layout Arrange

4) Tab Formula, digunakan untuk memasukkan rumus (fungsi logika, fungsi text, format keuangan, fungsi tanggal, dan waktu).
Tab Formula

5) Tab DataTab data digunakan untuk memasukkan data eksternal, merefresh data. Pada bagian Sort dan Filter digunakan untuk mengurutkan dan memfilter/menyaring data. Di bagian Data Tools digunakan untuk membuat teks berkolom, sedangkan pada bagian Outline digunakan untuk proses grup dan melepas grup suatu data serta membuat subtotal.6) Tab ReviewTab Review digunakan untuk mengeja kesalahan tata bahasa, pemberian komentar, serta penguncian data (keamanan data).7) Tab ViewTab View digunakan untuk melihat tampilan lembar kerja, mengatur ukuran tampilan lembar kerja dalam layar, serta pengaturan jendela lembar kerjaMenu dan Ikon Microsoft Excel 2007 Bagian II | Materi TIK SMA XI Semester 2Posted by Harly Umboh on 1/09/2012 05:44:00 AM in  |2. Menu TabLembar kerja Microsoft Excel 2007 memiliki menu tab yang dapat digunakan untuk membantu pekerjaan Anda secara cepat. Tab-tab menu tersebut adalah Tab Home, Insert, Page Layout, Formula, Data, Review, dan View. Di setiap tab terdapat kumpulan toolbar-toolbar.a. ToolbarToolbar merupakan kotak yang berisi tombol-tombol untuk mempercepat proses pekerjaan yang Anda lakukan. Umumnya tombol-tombol ini dikenal dengan istilah shorcut sebagai perintah cepat/jalan pintas dari sebuah pilihan menu. Microsoft Excel 2007 memiliki tab menu berikut.1) Tab HomeTab home berisikan perintah-perintah standar (dasar). Elemen tab Home terdiri dari submenu berikut.a) ClipboardKegunaan dari submenu clipboard adalah untuk menampung/ menyimpan data sementara hasil copy atau hasil pemotongan data. Dalam submenu ini terdapat perintah-perintah dalam bentuk ikon (tombol).b) FontSubmenu Font terdiri dari kumpulan beberapa tombol seperti pada tabel berikut.c) AlignmentSubmenu Alignment terdiri dari ikon (tombol) seperti pada tabel berikut.d) NumberSubmenu number terdiri dari ikon (tombol) seperti pada tabel berikut.e) StylesSubmenu Styles terdiri dari ikon (tombol) seperti pada tabel berikut.f) CellsSubmenu Cells terdiri dari ikon (tombol) seperti yang ditunjukkan pada tabel berikut.g) EditingSubmenu Editing terdiri dari ikon (tombol) seperti yang ditunjukkan pada tabel berikut.Selengkapnya di : http://blog.umboh.net/2012/01/menu-dan-ikon-microsoft-excel-2007_09.html#ixzz1nEUHohw0Terima kasih, untuk tidak menghapus link sumber kami! Menu dan Ikon Microsoft Excel 2007 Bagian III | Materi TIK SMA XI Semester 2Posted by Harly Umboh on 1/09/2012 08:13:00 AM in  |2) Tab InsertTab ini digunakan untuk memasukkan instruksi-instruksi ke dalam lembar kerja seperti pembuatan tabel, memasukkan gambar, modelmodel grafik, membuat link, serta memasukkan simbol-simbol. Tab ini terdiri dari komponen-komponen sebagai berikut.a) TablesNama dan fungsi submenu Tables terdiri dari ikon (tombol) seperti yang ditunjukkan pada tabel berikut.b) IllustrationsNama dan fungsi submenu Illustrations terdiri dari ikon (tombol) seperti yang ditunjukkan pada tabel berikut.c) Chart, digunakan untuk membuat grafik dengan berbagai model.d) Text, digunakan untuk membuat tex box, menyisipkan header and footer, membuat huruf indah, menyisipkan objek, dan menyisipkan simbol.e) Link, Digunkan untuk menyisipkan Link pada Lembar kerja3) Tab Page LayoutTab page Layout digunakan untuk mengatur data, bagian dari tab ini adalah sebagai berikut.a) Themes, digunakan untuk mengatur pewarnaan, tata letak, dan efek huruf.b) Page Setup, digunakan untuk mengatur batas tepi kertas (margin), model dokumen (orientasi kertas), mengatur ukuran kertas (size), mengatur area pencetakan (print area), mengatur penggalan halaman (page break), memberi background dokumen, dan mencetak/memberi judul tabel.c) Scale to fit, digunakan untuk mengatur lebar, tinggi, serta skala kolom atau baris secara otomatis.d) Sheet Option, digunakan untuk menampilkan garis bantu serta heading suatu data.e) Arrange, digunakan untuk mengatur tata letak gambar serta perataan, group, dan rotasi gambar.
Tab Layout Arrange

4) Tab Formula, digunakan untuk memasukkan rumus (fungsi logika, fungsi text, format keuangan, fungsi tanggal, dan waktu).
Tab Formula

5) Tab DataTab data digunakan untuk memasukkan data eksternal, merefresh data. Pada bagian Sort dan Filter digunakan untuk mengurutkan dan memfilter/menyaring data. Di bagian Data Tools digunakan untuk membuat teks berkolom, sedangkan pada bagian Outline digunakan untuk proses grup dan melepas grup suatu data serta membuat subtotal.6) Tab ReviewTab Review digunakan untuk mengeja kesalahan tata bahasa, pemberian komentar, serta penguncian data (keamanan data).7) Tab ViewTab View digunakan untuk melihat tampilan lembar kerja, mengatur ukuran tampilan lembar kerja dalam layar, serta pengaturan jendela lembar kerja 2.2. Fungsi Microsoft Excel       2.3.         Kelebihan dan Kekurangan Microsoft ExcelExcel 2007 hadir dengan tambahan berbagai fasilitas sehingga lebih sempurna dibandingkan dengan versi sebelumnya. Fitur baru tersebut antara lain adalah desain jendela (interface) Excel, jumlah baris dan kolom lebih banyak, format file baru, penulisan formula lebih mudah. Office Themes dan Excel Styles, pengurutan dan penyaringan data didesain lebih canggih, tampilan grafik yang lebih variatif, PivotTable lebih mudah digunakan dan sebagainya.  Perhatikan sebagian ilustrasi berikut ini:Kelemahan tentu Ada dan ini menjadi perhatian extra untuk menjaga kualitas pengolahan data. Beberapa kelemahan Excel 2007 adalah:        2.4.         Istilah-Istilah Excel 2007Microsoft Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputiperhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data.Perangkat lunak ini sangat membantu untuk menyelesaikan permasalahan administratif mulai yang paling sedernaha sampai yang lebih kompleks. Permasalahan sederhana tersebut misalnya membuat rencana kebutuhan barang meliputi namabarang, jumlah barang dan perkiraan harga barang.  Contoh permasalahan yang lebih kompleks adalah pembuatan laporan keuangan (general ledger) yang memerlukan banyak perhitungan, manajemen data dengan menampilkan grafik atau pivot tabel atau penggunaan fungsi-fungsi matematis ataupun logika pada sebuah laporan. untuk lebih jelasnya fungsi-fungsi tersebut di sampaikan pada paparan di bawah ini :     Istilah-istilah dalam Excelü           Menggerakkan Penunjuk Sel (Cell Pointer)Cell Pointer berfungsi untuk penunjuk sel aktif. Yang dimaksud dengan sel aktif ialah sel yang akan dilakukan suatu operasi tertentu. Untuk menggerakan ponter dengan Mouse dapat dilakukan dengan meng-klik sel yang diinginkan. Untuk sel yang tidak kelihatan kita dapat menggunakan Scroll Bar untuk menggeser layar hingga sel yang dicari kelihatan lalu klik sel tersebut. Untuk kondisi tertentu kita lebih baik menggunakan keyboard. Berikut daftar tombol yang digunakan untuk menggerakan pointer dengan keyboard :Tombol     Fungsi :·         ← ↑ → ↓    Pindah satu sel ke kiri, atas, kanan atau bawah·         Tab    Pindah satu sel ke kanan    13px; line-height: 19px; margin-left: 54pt; text-align: justify; text-indent: -18pt;">·              Enter    Pindah    satu sel ke bawah·         Shift + Tab    Pindah satu sel ke kiri·         Shift + Enter    Pindah satu sel ke atas·         Home    Pindah ke kolom A pada baris yang sedang dipilih·         Ctrl + Home    Pindah ke sel A1 pada lembar kerja yang aktif·         Ctrl + End    Pindah ke posisi sel terakhir yang sedang digunakan·         PgUp    Pindah satu layar ke atas·         PgDn    Pindah satu layar ke bawah·         Alt + PgUp    Pindah satu layar ke kiri·         Alt + PgDn    Pindah satu layar ke kanan·         Ctrl + PgUp    Pindah dari satu tab lembar kerja ke tab lembar berikutnya·         Ctrl + PgDn    Pindah dari satu tab lembar kerja ke tab lembar sebelumnyaü                 Jenis Data pada Cell                                                                                                                                                                                                                    1  . Konstanta, terdiri dari 4 jenis type data yakni :2.5. Cara Menggunakan Microsoft Excel          A. Menu dan icon pada Microsoft Excel          B. Membuat dokumen pengolah angkaDari contoh pengelolaan data sederhana kita akan belajar tentang cara pengetikan di excel,alignment, cara memformat huruf, cara memformat tabel dan cell. Berikut adalah contohpenerapan Microsoft Excel dalam bidang keguruan :C. Penerapan Microsoft ExcelLangkah-langkah membuat dokumen daftar unit kerja seperti pada Gambar 2 adalah sebagai berikut:  1. Buat Judul dan Sub Judul LaporanArahkan kursor pada Cell A1 (Kolom A dan Baris 1), kemudian ketikkan tulisan “DAFTAR NILAI SISWA” pada Cell aktif tersebut.Kemudian ketikkan sub judul laporan pada Cell A1, A2, A3, dan M5 seperti pada tampilan diatas.       2. Penggunaan alignment, format font dan format CellUntuk membuat Judul Laporan letaknya di tengah-tengah tabel maka arahkan kursor keA1 kemudian select cell mulai A1 sampai F1. Kemudian klik tombol Merge Cell agar judullaporan terletak ditengah-tengah tabel.Agar huruf pada judul laporan dan tabel tebal maka arahkan kursor pada cell kemudian klik tombol Bold atau dapat juga melakukan format font lainnya seperti underline atauitalic.Selanjutnya data dapat dilengkapi seperti Gambar 2.   3. Penggunaan format Tabel dan CellMicrosoft Excel menyediakan fasilitas format table dengan beberapa template seperti memberi border, warna border, warna cell dan style font dengan kliktombol format table seperti ini , kemudia akan muncul pilihan style formattabel seperti berikut ini.Kita juga dapat melakukan format tabel dan format cell sesuai selera kita atau tidak  menggunakan template yang disediakan Microsoft Excel. Seperti contohnya pada Gambar 2. menggunakan format tabel dan cell sendiri dengan cara :Untuk membuat border pada tabel, blok tabel yang akan di beri border dalam hal ini mulai cell A7 sampai M21, kemudian klik panah pada tombol dan pilih All Border.Untuk memberi warna pada judul tabel bisa menggunakan fasilitas format cell dengan cara blok cell A7 sampai M8 kemudian klik tombol kemudian akan muncul pilihan style cell.4. Penggunaan Rumus dan FungsiRumus  dan  fungsi  dalam  Excel  mempunyai  pengertian  yang  berbeda,  rumus  berupa instruksi matematika dalam suatu sel/range dalam lembar kerja dengan operator aritmatik seperti : +,-, ,/,* dan ^. Sedangkan Fungsi merupakan rumus siap pakai yang digunakan sebagai alat bantu dalam proses perhitungan. Excel menyediakan ratusan fungsi siap pakai diantaranya fungsi tanggal dan waktu, matematika dan trigonometri, finansial, statistik, lookup dan referensi, database, teks, dan lain-lain.1.       Menggunakan Rumus (Formula)Rumus merupakan bagian terpenting dari Program Microsoft Excel , karena setiap tabel  dan dokumen yang kita ketik akan selalu berhubungan dengan rumus dan fungsi. Operator matematika yang akan sering digunakan dalam rumus adalah ;Lambang Fungsi:+          Penjumlahan-           Pengurangan*          Perkalian/           Pembagian^          Perpangkatan%         PersentaseProses perhitungan akan dilakukan sesuai dengan derajat urutan dari operator ini, dimulai dari pangkat (^), kali (*), atau bagi (/), tambah (+) atau kurang (-).     2.         Macam-macam formula                        1. =SUM(…)                              Fungsinya        : Untuk melakukan penjumlahan                               Bentuk umum : =SUM(range sel)                              Contoh            : Misalkan kita akan menjumlahkan dari sel H5  sampai sel H15                  Penulisan         : =SUM(H5:H15)               2. =COUNT(…)                              Fungsinya        : Untuk melakukan counter                              Bentuk umum : =COUNT(range sel)                              Contoh            : Misalkan kita akan menghitung jumlah pegawai   yang berada                                                       di sel B5 sampai sel B15                              Penulisan         : =COUNT(B5:B15)                      3. =MAX(…)                       Fungsinya        : Untuk mencari nilai maksimum (terbesar)                       Bentuk umum : =MAX(range sel)                       Contoh            : Misalkan kita ingin menetukan nilai terbesar dari   sederetan                                                  sel yang berada di sel F1 sampai sel  F17                       Penulisan         : =MAX(F1:F17)               4. =MIN(…)                        Fungsinya        : Untuk mencari nilai minimum (terkecil)                         Bentuk umum : =MIN(range sel)                        Contoh            : Misalkan kita ingin menentukan nilai terkecil dari sederetan                                                  sel yang berada di sel F1 sampai sel F17                         Penulisan         : =MIN(F1:F17)                       5. =AVERAGE(…)                            Fungsinya        : Untuk mencari nilai rata-rata                            Bentuk umum : =AVERAGE (range sel)                            Contoh            : Misalkan kita ingin mengetahui nilai rata-rata dari   sel A11                                                       sampai A17                              Penulisan         : =AVERAGE(A11:A17)                6. =ABS(…)                          Fungsinya        : Untuk mengubah angka-angka yang ada dalam  daftar                                                     argumennya menjadi bilangan mutlak    (absolut)                          Bentuk umum : =ABS(range sel)                          Contoh            : Misalkan kita bermaksud mengetahui secara   mutlak dari sel                                                     yang kita aktifkan, misal di sel   F17                         Penulisan         : =ABS(F17)                7. =SQRT(…)                          Fungsinya        : Untuk menghitung akar dari bilangan X. Bilangan   X tidak boleh                                                     negatif                          Bentuk umum : =SQRT(range sel)                           Penulisan         : = SQRT(25)                 8. =IF(…;…;…)                          Fungsinya        : Untuk mengecek apakah nilai yang kita gunakan  sebagai kunci                                                     benar atau salah (memenuhi syarat   atau tidak)                          Bentuk umum: =IF(logical_test ; Value_if_true ; Value_if_false)                          Contoh            : Misalkan kita akan membandingkan nilai di suatu sel yang                                                     berada di sel F17, tentang kriteria siswa  dinyatakan lulus atau                                                     gagal dengan ketentuan  sbb.Jika nilai rata-rata siswa lebih                                                    besar sama dengan 60, maka siswa dinyatakan LULUS, dan                                                     sebaliknya.                           Penulisan         : =IF(F17>=60:”LULUS”;”GAGAL”)                                         (artinya jika kolom F17 lebih besar sama dengan  60, maka                                           LULUS, jika kurang dari 60, maka   GAGAL)                        Keterangan :                           Jika kondisi di sel F17 terpenuhi, maak kerjakanValue_if_true, jika kondisi di                            sel F17 tidak terpenuhi, maka kerjakan Value_if_false                 9. =DATE(Year,Month,Date)                          Fungsinya        : Untuk menghitung jumlah hari                          Contoh            : =DATE(73,8,11) à 26887 hari                        10. =VLOOKUP              Fungsinya        : Untuk pembacaan suatu tabel secara vertikal               Bentuk umum: =VLOOKUP(lookup_value;                                           table_array; Col_index_num; Range_lookup)                 11. =HLOOKUP              Fungsinya        : Untuk pembacaan suatu tabel secara horizontal                          Bentuk umum: =HLOOKUP(lookup_value; table_array;                                                        Col_index_num; Range_lookup)                  12. =LEFT(…;…)                                  Fungsinya        : Untuk mengambil teks sejumlah karakter tertentu   dari                                                            sebuah kiri                          Bentuk umum: =LEFT(teks;jumlah karakter yang diambil)                           Contoh            : Misal kita akan mengambil karakter yang ada di   sel F17                                                      (Februari) sebanyak 3 huruf                           Penulisan         : =LEFT(F17;3) à hasilnya Feb                             13. =RIGHT(…;…)                            Fungsinya        : Untuk mengambil teks sejumlah karakter tertentu   dari                                                        sebuah kanan                                                                 Bentuk umum: =RIGHT(teks;jumlah karakter yang diambil)                             Contoh            : Misal kita akan mengambil karakter yang ada di   sel F17                                                        (Februari) sebanyak 3 huruf                             Penulisan         : =RIGHT(F17;3) à hasilnya ari                   14. =MID(…;…;…)                              Fungsinya        : Untuk mengambil teks dari kedudukan tertentu dengan                                                         sejumlah karakter tertentu                              Bentuk umum: =MID(teks;start_number; number_char)                              Contoh            : Misal kita akan mengambil karakter baru yang ada di sel F17                                                        (Februari)                               Penulisan         : =MID(F17:3:3)      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar